Kamis, 31 Mei 2012

7 Gitaris Terbaik Sepanjang Masa

1. Jimi Hendrix (The Jimi Hendrix Experience)
0265c8e629c811fb944fa715aa174346_jimi-hendrix4 

Gitaris asal Amerika Serikat ini tentu dikenal oleh semua orang, dari kalangan awam hingga kalangan musisi, khususnya gitaris. Dewa gitar yang kidal ini terkenal dengan pengenalan teknik-teknik baru dalam permainan gitar, sound effect yang solid dengan teknik permainan gitar, serta dapat melakukan solo gitar sambil bernyanyi. Gitaris yang merupakan anggota Club 27 ini meninggal di usia 27 tahun dan hanya selama 4 tahun berkarir sebagai musisi. Banyak gitaris dunia yang mengakui bahwa sosok Jimi Hendrix pantas mendapat tempat sebagai gitaris terbaik sepanjang masa di urutan pertama. Permainan gitarnya seakan mengalir begitu saja tanpa kesusahan sedikit pun. Jimi Hendrix juga merupakan idola dewa-dewa gitar dunia dan juga idola gitaris masa kini.




2. B.B. King 
9f1b3c0e00faa49a7031f96019b4fdbd_bbking-live 

B. B. King merupakan dewa gitar blues yang terkenal sebagai pelopor musik blues dalam vibra dan elektrik yang membawa pengaruh hingga masa kini. Sebagai dewa gitar yang lebih menonjol pada genre blues, B. B. King sudah menjadi pembawa pengaruh yang begitu besar kepada junior-juniornya seperti Jimi Hendrix, Stevie Ray Vaughan, Eric Clapton, dan sebagainya. Teknik permainan gitar yang lembut, suara blues yang kental serta teknik vokal dan permainan gitar yang harmonis dan sepadan menjadi ciri khas utama B. B. King sebagai dewa gitar blues. Dia juga sudah lebih dari 60 tahun aktif sebagai musisi. Berbagai penghargaan seperti Grammy Awards hingga Rock and Roll Hall of Fame sudah tertulis nama B. B. King di dalamnya.


3. Eric Clapton (The Yardbirds, Cream, Solo)


DR1014_Eric_CLAPTON 79942 

Gitaris yang terkenal kalem dan juga pendiam serta pembawaan yang santai ini merupakan dewa gitar yang bisa membawakan berbagai jenis aliran dalam permainan gitarnya. Ia juga terampil menggunakan gitar akustik. Sebelum era Jimi Hendrix, Eric Clapton awalnya menjadi gitaris yang diakui hebat di dataran Inggris dan Amerika Serikat. Permainan gitar yang santai tetapi sangat memukau dan kejeniusannya dalam bermain gitar membuatnya kemudian dijuluki “slowhand”. Ia sering dianggap sebagai salah satu artis dan musisi terbesar sepanjang zaman versi majalah Rolling Stone. Namanya juga sudah 3 kali diabadikan di museum Rock and Roll Hall of Fame.


4. Jimmy Page (Led Zeppelin)


c41865005b79b89be44bfc3a27c6ccb3_jimmy-page-3 

Gitaris Led Zeppelin ini terkenal dengan permainan gitar yang cepat dan terbilang spontan yang pada akhirnya menghasilkan suara yang enak didengar dan mengagumkan. Ia juga terampil dalam memainkan berbagai genre musik di setiap petikan gitarnya. Jimmy Page merupakan salah satu gitaris yang paling dikagumi sejagat. Banyak gitaris setelahnya yang kemudian mendapat pengaruh kuat dari segi teknik permainan dan penampilan di atas panggung. Keindahan suara rock and roll dari permainan Jimmy Page dan terkadang dipadukan dengan genre musik lain membuatnya seakan sudah senyawa dengan gitarnya. Komposisi musik dari gitarnya terkenal universal, yang pada umumnya bisa menyatu dengan penggemar musik khususnya gitar yang suka genre musik apapun.


5. Yngwie Malmsteen

58e7bf10317334afc909afa66728f666_yngwie-j-malmsteen 

Yngwie Malmsteen terkenal cepat dan sangar dengan melodi-melodi perpaduan antara klasik dan rock yang dimainkan dengan teknik permainan yang sangat cepat dan mengejutkan. Yngwie sangat terkenal dengan sebutan gitari neo-klasik yang memadukan musik-musik klasik karya Bach, Beethoven, dan tentu saja Mozart dengan musik rock atau pun musik bergenre lain. Karya-karyanya terdengar sangar, kecepatan yang tinggi pada permainan gitar yang ia terapkan tidak membuatnya kelihatan bersusah payah dalam memainkan gitarnya. Ia kelihatan sudah sangat ahli dan sudah sangat menyatu dengan gitarnya.


6. Brian May (Queen)


f2d5556d69d9698ab9892de3bfed56cc_brianmay 

Brian May terkenal sebagai gitaris Queen yang membawa perkembangan musik di era Queen. Teknik permainan gitar yang menawan, terkenal lembut, enak didengar, harmonis, dan sangat catchy membuat namanya melambung bersama Queen di era kejayaan band tersebut. Brian May terkenal dengan teknik delay 3 gitar yang dipadukan bersama-sama dan beriringan dengan perpaduan melodi serta rhythm secara bersamaan. Dewa gitar yang satu ini juga merupakan Doktor di bidang Fisika. Di masa-masa kejayaan Queen ia terpaksa menunda tesis Doktor phD dan dilanjutkan kembali setelah 30 tahun ditinggalkan. Brian May yang jenius di bidang fisika bersama ayahnya yang ahli di bidang elektronika solder, berhasil membuat gitar yang diberi nama Red Special yang hingga kini masih digunakan Brian May sebagai trade-mark. Dengan gitar itu pula Brian berhasil menciptakan lagu, mengiringi musik-musik Queen yang terkenal sangat mengagumkan, dan menemani setiap penampilan Brian May di atas panggund pada masa kejayaan Queen. Brian May dengan gitarnya Red Special sudah menghasilkan banyak sekali karya musik yang luar biasa bagus dan sangat mengagumkan.


7. Andy Tielman (The Tielman Brothers)


00fd943bcacd19b013c69011a8e670cb_6717-1a 

Gitaris yang merupakan putra asli Indonesia ini merupakan inspirasi dan motivasi utama The Beatles pada masa awal karir mereka. Andy Tielman merupakan gitaris kelahiran Indonesia yang menjadi gitaris dan vokalis grup band bersaudara, The Tielman Brothers, yang sudah berpuluh-puluh tahun hijrah dan menetap di negeri tulip Belanda. Andy Tielman terkenal dengan teknik guitar boogie yang bersuara sangat jernih dan sangat handal memainkan musik-musik rock masa lampau. Andy Tielman juga dikenal sebagai pencetus Indo-rock, yang juga diketahui sebagai musik pra-rock and roll. Dengan permainan Indo-rock itu Andy Tielman dijuluki sebagai “Andy the Indoman” oleh George Harrison, gitaris The Beatles. Saat manggung di Frankfurt bersama bandnya The Tielman Brothers, Andy Tielman disaksikan oleh Paul McCartney yang merupakan bassis dan juga vokalis The Beatles yang kemudian sangat mengagumi permainan rock ala Andy dan juga aksi panggung yang menawan dan membuat Paul McCartney semakin termotivasi untuk bermusik. Sebelum Jimi Hendrix bermain gitar dengan giginya, sebelum Eddie van Halen bermain gitar seperti halnya menunggang kuda, dan sebelum musisi lain terkenal sangat aktraktif di atas panggung , Andy Tielman-lah yang pertama kali melakukan itu semua. Dia-lah pelopor aksi-aksi tersebut sebelum dewa-dewa gitar dunia lainnya melakukannya.

Sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar